Sharing File pada VirtualBox


Temen-temen yang suka mainan jaringan ato coba-coba distro baru pasti nggak asing dengan Virtualbox. Ok langsung aja membahas judulnya. Yang pernah mainan virtualbox pasti tahu tentang hal ini, bagaimana bingungnya membaca file pada mesin host dari mesin guest. Sebenarnya caranya mudah banget dari fitur bawaan virtual box sampai cara-cara yang agak tricky.

  1. Untuk cara pertama adalah cara yang disediakan oleh virtualbox. Cara ini sebenarnya sedikit membutuhkan kerja keras sih tapi dengan sedikit petunjuk dari saya pasti anda bisa melakukannya. Ingat disini guestnya adalah debian etch diatas Windows XP. Untuk dapat menikmati fitur ini anda harus menginstall VBoxGuestAdditions yang disediakan isonya dalam instalasi virtualbox. Untuk linux guest namanya VBoxLinuxAdditions.run, cara menginstallnya cukup mudah yaitu tinggal menjalankan file tersebut. Tapi ingat anda membutuhan kernel header dan GCC untuk menginstallnya, jadi bagi para pemakai virtualbox yang menjalankan distro kecil kayak slax harus mundur aja untuk mencoba cara lain.Setelah menginstallnya baru anda bisa menikmati fitur ini. Pada pengaturan guest masuk ke opsi “shared folders” tentukan folder yang akan disharing dan namanya sekalian dengan mengklik icon folder berhias tanda plus. Setrelah itu baru anda bisa menjalankan perintah mount -t vboxsf [nama sharing] [mountpoint]. Walaupun cara ini adalah fitur yang diberikan oleh innotek tapi cara ini terlalu rumit untuk digunakan.
  2. Cara kedua adalah cara yang cukup sederhana tetapi anda harus mengatur agar host dan guest nyambung network-nya. etelah itu anda bisa menggunakan filesharing biasa (pada windows) ataupun membuat nfs [linux]. Atau kalau cara itupun masih membingungkan ataupun tidak didukung oleh OS anda ada satu cara yang kemungkinan berhasilnya lebih besar. Anda bikin aja ftpserver pada host trus dibaca pada guset. Banyak kok ftpserver gratisan diinternet untuk windows, kalo untuk linux pake aja vsftp yang pengaturanya gampang dan enteng. Atau anad coba hfs untuk windows.
  3. Cara ketiga adalah cara paling konyol dari kumpulan cara yang saya tulis. Anda buat aja iso yang isinya file yang dibutuhkan trus mount deh di virtualbox (bisakan caranya). Tetapi cara ini agaknya sulit dilakukan pada guest livecd karena virtualbox hanya menyediakan 1 cdrom drive aja. Ya kalo pake cara ini guestnya harus full jalan di memory ato di hardisk.

Sekian 3 cara berbagi file pada virtualbox. Pastinya ada berbagai cara lainnya untuk berbagi file tetapi pastinya lebih rumit lagi mungkin dengan mentelnet lewat serial atau pun hal-hal lain yang tidak terbayangkan.


About this entry