Jenis Komputer


Minicomputer
Tipe komputer berikutnya adalah mini-computer. Komputer jenis ini lebih terkesan jumlah user yang dapat akan dikoneksikan atau akan dilayani olehnya. Jika jumlahnya lebih sedikit dibanding mainframe, atau dalam kisaran jumlah client yang terhubung padanya kurang dari 100 node, maka jenis komputer inilah yang digunakan untuk menangani hal tersebut. “Mainframe like” atau menyerupai mainframe adalah tipikal komputer ini.

Pada awal implementasinya, minicomputer ini biasa dipergunakan bagi operasional rutin perusahaan, artinya komputer karyawan yang terdapat di kantor-kantor adalah komputer jenis ini. Proses yang dilakukannya adalah Centralized Processing, artinya hanya ada 1 processor dan 1 memori yang dipakai secara bersamaan. Terminal-terminalnya hanya berisi monitor dan keyboard, kondisi seperti ini dikenal dengan nama “dumb terminal” atau terminal bodoh, karena kesemua terminalnya tidak melakukan pemrosesan, pemrosesan hanya ada pada 1 (satu) tempat.

Gambar 1. IBM AS-400

Jenis komputer ini salah satunya adalah IBM Application System-400 (AS-400), namun saat ini perkembangannya sudah tidak ada lagi, karena perkembangan PC yang semakin cepat dan semakin baik. Investasi untuk pembelian komputer jenis ini juga sangat mahal, belum lagi proses perawatannya yang cukup tinggi. Hardware pendukungnya juga relatif sulit dicari dan mahal.

Microcomputer
Definisi yang disampaikan pada http://en.wikipedia.org, “microcomputer are minicomputer’s CPU with a single integrated microprocessor chip“, terjemahannya demikian, mikrokomputer adalah minikomputer CPU yang memiliki chip mikroprocessor tunggal.

PC (Personal Computer) seperti yang diciptakan oleh IBM sejak tahun 1981 adalah salah satu jenis mikrokomputer. Komputer dengan mikroprosessor tunggal adalah definisi dari perangkat ini. Notebook atau laptop juga satu tipe dengan komputer ini.

Gambar 2
Desktop PC
Gambar 3
Laptop/Notebook PC

Perangkat lain yang memiliki perkembangan lebih lanjut adalah Tablet PC. Perangkat ini berbentuk seperti Laptop/Notebook PC, namun memiliki tambahan fasilitas layar sentuh (touchscreen) software yang menyertainya memiliki fasilitas pengenalan tulisan (hand recognition).

Gambar 4. Tablet PC

Beberapa Tablet PC dibuat dengan menambah penampilan notebook, yaitu dengan tambahan layar yang dapat diputar dan menutupi keyboard, namun beberapa Tablet PC sudah bertindak penuh tanpa keyboard.

Gambar 5
Lenovo Thinkpad Tablet PC
Gambar 6
Tablet PC

Handheld Computer
Definisi dari handheld computer atau komputer genggam ini lebih spesifik pada ukurannya yang dapat dibilang kecil dalam genggaman tangan seorang manusia dewasa.

Perangkat handphone dengan teknologi tinggi seperti Nokia 9210, Nokia 9500, Sony Ericsson P900 dan beberapa perangkat smartphone juga masuk dalam typical computer ini.

Namun tahukah Anda bahwa perangkat handheld pertama ?
PDA atau Personal Digital Assistant adalah komputer handheld pertama yang masuk dalam definisi ini, karena saat itu konsep untuk membuat perangkat smartphone belum ada, hanya handphone biasa yang dapat menjalin komunikasi dimana saja.

Gambar 7. Apple Newton

PDA pertama adalah Newton Message Pad, dibuat oleh Apple Inc. pada tahun 1993 sampai 1998. Kemudian terus berkembang sampai menjadi PDA saat ini yang sangat canggih mampu berkoneksi dengan Internet, ukuran lebih kecil, memori lebih besar, kecepatan lebih tinggi.

UMPC kependekan dari Ultra Mobile PC adalah perangkat yang saat ini sedang booming di seluruh dunia. Sampai-sampai Intel Corp. membuat processor khusus Intel Atom, agar perangkat ini semakin berkembang jauh. Jika PDA memiliki basis aplikasi tersendiri karena arsitektur processornya berbeda dengan arsitektur pada processor PC, namun pada UMPC ini seluruh aplikasi PC dapat dijalankan dengan mulus pada perangkat ini.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? jawabannya karena UMPC adalah PC namun seukuran PDA. Karena perangkat ini menggunakan processor PC dalam bekerja. Simaklah gambar berikut Sony VAIO VGN UX50, yang memiliki ukuran hanya segenggaman tangan.

Gambar 8. Sony VAIO VGN-UX50

Dengan spesifikasi processor Intel Centrino 1.06, 1 GB RAM, LCD 4.5″, Touchscreen, Fingerprint reader dan berat hanya 520gram. Perangkat ini seakan menjadi alternatif pengganti laptop yang tentu saja berukuran lebih kecil.


About this entry