Aktivasi, Jailbreak, YouTube dan Installer iPhone


AkTiVaSi

Aktivasi iPhone diperlukan karena iPhone seharusnya untuk SIM card AT&T dan beberapa operator tertentu saja.

Proses aktivasi ini fungsinya supaya iPhone bisa digunakan sebagai iPod Touch dan bisa di-sync dengan iTunes.
Kl SIM card yang dipake adalah AT&T, maka iPhone tidak perlu di-unlock, krn sudah bisa langsung dipake untuk nelpon dan SMS.

JailBreak

Jailbreak? iPhone yang masih belum diapa2in tidak bisa dilihat isinya … gak bisa buat transfer file, atau pun install/apus aplikasi.

Di sinilah fungsi jailbreak ini, memungkinkan si iPhone diakses sebagai “USB Drive”, sehingga bisa dipasangin macem2 ;))

YouTube

iPhone yang sudah diaktivasi, YouTube nya masih belum bisa langsung dicopy krn sertifikatnya belum bisa dipake.
Nah ini musti diakalin dulu …

Installer

Installer adalah aplikasi yang memungkinkan kita menginstall aplikasi2 3rd party (tambahan) dengan cara mendownload nya via internet (GPRS atau WiFi) …

Daftar dari aplikasi2nya pun bisa kita tambah sendiri … dan proses update / uninstallnya pun cukup mudah.

————–

Untuk melakukan Aktivasi, Jailbreak, byPass YouTube dan pemasangan Installer ini dapat dilakukan dengan mudah dengan 1 kali proses.

1. Pastikan iPhone berada di firmware 1.1.1 (upgrade dulu atau downgrade dulu ke 1.1.1)
2. Pastikan WiFi access point terkonek dengan koneksi internet yang cukup kencang (minimal 384kbps biar nyaman).
3. Masuklah ke tampilan DialPad, dan tekan “*#307#” lalu tekan Call
307

4. Kemudian hapus *#307* tadi dengan tombol seperti backspace, sehingga bersih … lalu tekan “0″ dan Call.
Nanti layar akan berubah seperti ini …
307-0-1

5. Lalu tekan “Answer” … kemudian tekan “Hold” … lalu tekan “Decline”
Sehingga nanti akan muncul tampilan ini… kl gagal, ulangi dari awal lagi aja … *#307#, kl perlu restart iPhonenya dulu
keypad

6. Kalo sudah muncul tampilan Keypad seperti di atas ini, abis itu pilih Contacts.
Trus teken tanda “+” yang ada di kanan atas untuk bikin contact baru.

7. Terserah mo tulis nama apa untuk first ama last name, yang terpenting adalah URL nya.
Ketik URL pertama adalah: “prefs://1f” kemudian di-SAVE, dan add URL baru yaitu: “http://jailbreakme.com”
Kemudian teken tombol Save beberapa kali, sampai kembali ke tampilan daftar Contacts.

8. Begitu sudah sampai tampilan daftar Contacts, pilih Contact yang tadi barusan dibikin, trus klik URL yang pertama “prefs://1f”.
Nanti iPhone akan berubah ke tampilan utama “Settings”

9. Pilih General – Auto Lock, pilih ke “Never”, kemudian kembali ke tampilan utama Settings dan pilih Wi-Fi yang ada di atas, kemudian cobalah join ke WiFi access point yang ada.

10. Tekan Tombol Home, lalu masuk ke DialPad … tekan “0″ – Call – Answer – Hold – Decline
11. Pilih Contacts, dan pilih contact yg td dibikin, lalu klik di URL kedua … http://jailbreakme.com
12. Scroll ke layar bagian bawah … dan klik di bagian “Install AppSnapp”
appsnapp

13. Jalankan dan beberapa detik kemudian, Safari akan crash. Sehingga akan kembali ke tampilan Activate iPhone.
Setelah 5-10 detik, cobalah kembali masuk ke Contacts dengan cara via DialPad tekan “0″ – Call – Answer – Hold – Decline.
Seharusnya akan muncul sejenis informasi progress … kl emang iya … biarin aja dan tunggu sampai 100% dan iPhone akan merestart sendiri.
Tapi jika tidak, silahkan ulangi buka url http://jailbreakme.com dan proses selanjutnya …

Kadang proses ini perlu diulang2, bisa karena koneksi internetnya jelek atau kadang2 iPhone nya rada rewel …
Kadang2 suka dipancing dulu dengan melakukan Settings, ngubah Volume ke Max, trus memastikan Auto Lock nya Never … atau kadang sambil dicolok ke iTunes atau kl tadinya udah nyolok, skrg hrs dilepas.

Proses download hingga 100% emang sangat tergantung dari kecepatan internet.

Jika memang sukses, maka iPhone akan merestart dan masuk ke tampilan Home Screen / Spring Board, bukan lagi di Activate iPhone.
homescreen

Selamat! iPhone sudah bisa dipake sebagai iPod Touch … sudah teraktivasi, jailbreak, youtube udah bisa dipake dan udah bisa install aplikasi tambahan dari Installer.


About this entry