Open DNS Server dan Kualitasnya


Akhir-akhir ini jaringan internet ditempatku sering trouble. Masalah lemot dan gak konek sering bikin ga sabar… setelah browsing-browsing ke mbah google, ternyata ada obatnya. trims buat dicky.wahyupurnomo.com yang udah ngeshare tulisannya…

Buat yg dialup atau suka mengalami problem ama DNS Server ISP nya, berikut list dns server yg bisa dicoba utk membantu:

Berikut dns server yg cukup cepat dan up2date:
* 202.152.254.246
* 202.154.1.2
* 202.152.254.245

Berikut adalah dns server yg terbuka, tp kurang cepat updatenya
– 202.134.2.5
– 202.138.224.2
– 202.155.0.15
– 202.146.255.5

Yang lainnya bisa dicoba ini:
202.73.99.8, 61.247.0.8, 208.67.222.222, 208.67.220.220, 202.138.224.2, 4.2.2.1, 131.161.247.231, 63.226.12.96, 207.225.209.66, 202.73.99.8, 202.158.3.6

Silahkan kasih tambahan informasi dan hasil pengujiannya.

Tambahan untuk Telkom Speedy:

Kebetulan saya di rumah pake Speedy. Yang menjengkelkan dari Telkom Speedy adalah DNS Server-nya yang suka ngaco. Akibatnya saya harus bolak – balik mengganti setting DNS.

Lucunya lagi, setelah saya teliti setting modem ADSL, ternyata memang DHCP Server Speedy sama sekali tidak men-set DNS Server pada modem (blank). Di website Telkom Speedy pun disebutkan bahwa setting DNS server dilakukan di PC, bukan di modem.

Lho … kok lucu, di modem saya bisa mendapatkan IP Address dan IP Gateway secara otomatis dari DHCP Server Speedy, tapi kok IP DNS Server tidak dapat sama sekali.

Dengan adanya fakta ini, perkiraan saya, pihak Telkom sudah tahu bahwa DNS Server mereka sering bermasalah, tapi tidak berusaha memperbaikinya. Oleh karenanya teknisi mereka maupun DHCP Server Speedy memilih tidak mengisinya pada saat setting modem atau pada saat pemberian IP otomatis oleh DHCP server, tapi menyerahkan sepenuhnya kepada users untuk memilih IP Address DNS Server sendiri dengan hanya melakukan setting DNS di PC.

Mudah-mudahan open DNS server diatas bisa membantu.


About this entry